Selasa, 26 Juli 2011

Toycamera Made in Indonesia


Spesifikasi Teknik Fujica M1 
Merek : Fujica
Model : M-1 / MA-1
Negara pembuatan : Indonesia
Awal produksi : 1982
Film format : 135 atau 35mm
Aperture : Flash f/8, Cloudy f/8, dan Sunny f/11
Shutter Speed : Sekitar 1/60 sampai 1/100 detik
Fokus : Free fokus dengan jarak terdekat 0,5 meter
Format gambar : 24mm X 36mm
Lens : 42mm f/8
Recommendasi ISO : 100
Dimensi : 11,4 cm x 7,1 cm x 5,4 cm
Berat: : 180 gram
Akesori : flash, hand strap, lens cap, soft case, manual book

Fujica M1 adalah kamera mainan / toycamera pertama saya . dulu saya pernah mempunyai niat untuk menekuni bidang fotografi . dan mengetahui situasi keuangan saya yang serba sederhana . makanya saya ingin tetap bisa menyalurkan hobby saya dengan biaya yang terjangkau .dulu saya binggung untuk mencari kamera yang cocok buat pemula . dan saat itu temen saya pernah duluan bermain toycamera , dia memakai holga dan ini review tentang  Holga SW .dia sudah lumayan lama menggunakan kamera holganya . dan saya menjadi tertarik untuk bisa menekuni dunia fotografi toycamera / lo-fi photography yang minim pengaturan . pertama saya tertarik karena menurut saya biayanya terjangkau . begitu juga efek - efek yang dikeluarkan pada setiap film berbeda maka hasilnya pun akan berbeda juga . bentuk dari kameranya juga beraneka ragam dan kadang dengan warnanya yang mencolok bisa membuat kita semakin tertarik untuk memilikinya . 

Setahun lalu saya bergabung dengan KLASTIC salah satu komunitas toycamera yang ada diindonesia . dibagi menjadi  12 Regional saat ini . dan saya ikut diregional Yogyakarta . saat itu saya baru memiliki kamera Fujica M1 ini yang saya dapat dari forum KASKUS .dulu saya beli dari seorang seller yang berada di bandung dengan harga 100ribu . maklum karena dulu saya masih awam tentang toycamera jadi belom tahu apa - apa . tapi semenjak lama kelamaan saya mendalami tentang dunia Toycamera . saya bisa tahu apa - apa yang harus saya miliki . jadi tidak sia - sia untuk setiap pembelian toycamera . karena menurut saya "setiap toycamera itu memiliki jiwa masing - masing yang harus selalu kita jaga " .jangan sampai setelah kita membelinya dan kita tidak pernah pakai .akhirnya berpindah tangan / dijual . 

ini beberapa hasil saya menggunakan kamera Fujica M1 :





Fujica M1 + Lucky BW 100




Fujica M1 + Fuji Proplus 100

Salah satu Secret feature yang ada di Fujica M1 . bisa digunakan Multiple Exposure 



Fujica M1 + Fuji superia 200 expired


" Quote of the day "


Photobucket

" Selayaknya kini kita lestarikan sebuah toycamera tahun awal 80' agar bisa dinikmati anak bangsa yang akan datang . sesuatu yang murah bukan berarti menghasilkan hasil yang murahan "
(Owlofi / lubangintip )

   Creator of Fujica M1

3 komentar:

  1. masih banyak kamera made in Indonesia selain fujica m1

    BalasHapus
  2. hehe iya don . kasih refrensi lagi don . ini baru yang gw punya ;)

    BalasHapus
  3. Bagaimana cara memasang baterai di kamera fujica m1 ?

    BalasHapus