Rabu, 21 November 2012

Indonesia Netlabel Union 2012


Indonesia Netlabel Union 2012 
Ajang Berkumpul Netlabel - Pendownloader 
 



Pernah mendengar siaran langsung pertunjukkan musik melalui Internet? mengunduh album musik secara legal dan gratis atau membuat musik remix? Sederhananya itulah Netaudio —aktivitas berbasis audio yang bergerak di dunia virtual, bagian dari kehidupan nyata kita, Internet. Netlabel dan radio online/radio internet telah dikenal oleh para pecinta musik dan aktivitas berbagi musik lepas dari hukum hak cipta konvensional yang mengekang kreativitas dan tidak melulu berorientasi pada nilai komersial menjadi hal yang penting untuk dilestarikan. Sebuah praktik gotong-royong, kearifan lokal di era teknologi informasi.

Netlabel adalah label rekaman yang mendistribusikan rilisannya dalam format digital audio melalui jaringan Internet, rilisan dapat diunduh secara legal baik gratis maupun berbayar. Idenya adalah menyebarkan musik secara bebas dan tanpa batas geografis. Netlabel menjadi alternatif dalam wahana musik mandiri di Indonesia yang saat ini stagnan, dimana jaringan internet belum diantisipasi dengan baik oleh industri musik arus utama. Yes No Wave Music menyebut netlabel sebagai aksi ‘gift economy’, sebuah eksperimentasi dalam menerapkan model musik gratis kepada pecinta musik di dunia yang kapitalistik ini. Aksi ini bukanlah gagasan menghancurkan industri musik yang sudah mapan puluhan tahun, tetapi lebih pada tawaran alternatif dalam mendistribusikan karya musik secara bebas. Bebas untuk diedarkan, diperdengarkan dan digubah oleh siapa saja. Sebuah pembebasan kreativitas. Internet telah memberi kita peluang untuk melakukan demokratisasi ‘pasar’. Perubahan teknologi yang begitu cepat tentu saja menimbulkan overlapping informasi dan menggeser tatanan budaya, sosial dan ekonomi. Gerakan netaudio mencoba untuk mengkaji wacana tersebut sambil merumuskan gagasan dan siasat yang tepat. 

Indonesian Netlabel Union (Serikat Netlabel Indonesia) merupakan satu gerakan kolektif netlabel Indonesia yang ditujukan untuk memulai jaringan antar-netlabel dan juga untuk mengenalkan kepada publik tentang eksistensi netlabel lokal serta menjadi sebuah wadah dalam mengkaji wacana musik di era teknologi informasi. Langkah awal dimulai dengan merilis seri album kompilasi secara serentak pada tanggal 1 Januari 2011. 5 netlabel aktif yang turut serta dalam kompilasi tersebut adalah Hujan! Rekords, Inmyroom Records, Mindblasting, Stone Age Records, dan Yes No Wave Music.( Source : Indonesian Netlabel Union )


 17 November
Sabtu lalu lebih tepatnya pada tanggal 17 November Indonesia Netlabel Union mengadakan sebuah Gigs. Gigs tersebut diisi oleh beberapa band yang bernaung didalam Indonesian Netlabel Union tersebut. Diantaranya adalah Dream Society, Sangkakala, Bottlesmoker, Belkastrelka, Frau, Seek Six Sick. Diacara ini Indonesian Netlabel Union bermaksudkan untuk mempertemukan para artist-artist yang bernaung didalam serikat netlabel tersebut dengan para pendownloader yang ada diregional Yogyakarta saat itu. Acara yang diadakan di Langgeng Art Foundation ( LAF ) ini dimulai pukul 19.00 dan dibuka dengan penampilan pertama oleh Dream Society.



Lalu setelah dipanaskan oleh Dream Society dilanjutkan oleh penampilan Macan Yogyakarta yaitu Sangkakala. Penampilan semakin panas dengan performnya yang sangat energik dan sangat eksotik. Walaupun sang vokalis sepertinya habis terkena musibah, tapi performanya tetep mantep! 







Setelah stage dipanaskan oleh macan mengaung / Sangkakala, panggund dihibur oleh suara uniknya mba Asa dari belkastrelka, yeah selanjutnya Belkastrelka tampil untuk menghibur para penikmat musik yang sangat ramai malam itu.







Setelah Belkastrelka tampil, Ada seorang Pianist muda dengan suara cantiknya yaitu mba Leilani Hermiasih atau yang sering dikenal dengan nama Frau. Frau tampil bersama dengan Wok The Rock yang mempunyai hajatan tersebut.





Bottlesmoker mempertampilkan ketrampilannya memainkan Toymusical dan instrument lainnya dari alat-alat yang kebanyakan adalah mainan yang dapat menghasilkan nada / bunyi-bunyian. Bottlesmoker tampil dengan sangat energik dan eksentrik dengan lampu kelap-kelipnya serta mainan yang dapat mengeluarkan bubble membuat suasana menjadi sangat menyenangkan.










Dan ada bonus Video gigs dari Noirecinemato 


Typography - Bottlesmoker



Boredom And Freedom - Bottlesmoker





Saya tidak sempat sampai selesai dan melewatkan perform dari Seek Six Sick. Dan Itulah beberapa review saya tentang acara yang sangat kewl ini. Semoga Netlabel - Netlabel dapat mensupport semua seniman dan musisi yang bisa menjadi sarana untuk media promosi para rekan - rekan seniman. Goodluck and Greatwork!.

Berkunjunglah!
FRAU 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar