Minggu, 11 November 2012

Behind The Scene of ZORE


Behind Scene of ZORE // ZOna REmaja
Praktik Gabungan Semester V of Manaprodsi & Matektosi

Sebuah Praktek Gabungan antara program studi yang ada di Sekolah Tinggi Multi Media " MMTC " Yogyakarta. Praktek ini mengerjakan sebuah program produksi siaran Variety Show untuk Radio.
Memang kedengarannya siaran itu mudah tinggal on air aja tapi dibalik kedengarannya mudah itu sebenarnya ribet banget, dari mulai Pra production - Production - Pasca Production.
Dari mulai nulis Script itu kerjaanya Script Writer, nentuin talent dan mengurus semua anggaran dan keperluan lainnya kerjaanya seorang Producer, mencari sebuah ilustrasi music dan backsound maupun sound effect kerjaan seorang Music Director, Mengurus perizinan dan keperluan pengebonan alat dll tugas seorang Unit Manager, dan juga yang paling inti adalah seorang Pengarah Acara atau yang lazim dikenal adalah Sutradara yang berfikir inovatif dan mampu mengeluarkan semua ide - ide gilanya. Di Kampus ini semua mahasiswa dituntut mampu dalam semua bidang mulai dari Sutradara hingga seorang Unit Manager. Karena seseorang jika sudah mampu dalam semua bidang dalam pekerjaannya tidak akan kesusahan dan tidak akan kebinggungan dalam melakukan sesuatu pekerjaan.



ZORE sendiri adalah sebuah nama program Variety Show ( Satu topik yang diisi beberapa hiburan , musik , talkshow , informasi spotlite , wawancara etc) yang dikerjakan bersama program studi lainnya yaitu Matektosi ( Manajemen Teknik Produksi ) dan saya sendiri adalah seorang mahasiswa jurusan program studi Manaprodsi ( Manajemen Produksi Siaran ). Variety Show ini disiarkan dengan durasi 60 menit dan diisi dengan berbagai macam subformat dari mulai Musik , Wawancara , dan juga Talkshow. Di ZORE ini kita menghadirkan beberapa bintang tamu yaitu ada seorang penulis novel terkenal yang akhir - akhir ini baru saja turun ke layar lebar yang berjudul " Radio Galau FM yang ditulis oleh Benz Bara , Lalu selanjutnya ada sebuah komunitas beatbox yang terkenal di yogyakarta yaitu Beatbox Jogja / BeJo , Lalu juga ada pengisi lainnya diantaranya Agung ( Gitaris dari TheVoke! ) Astrid ( Vokalis dari Say From C) lalu ada Grafik ( Solo Beatbox). Acara ini dipandu oleh Yuyun Yunaini. Lalu juga ada Crew productionnya terdiri dari  Nando, Aryna , Tifa, Tika, Iwan, Tora, Daniel, Meta, Oki, Wahyu, Thyka, Fadlan, Febri. Berikut Beberapa penggambaran bagaimana ribetnya dalam studio Radio II MMTC : 











 Fin.

2 komentar: